DIALOG SUNNI – SALAFY : MASALAH AQIQAH

Posted: April 14, 2014 in DIALOG SUNNI - SALAFY (WAHABI), STOP MENUDUH BID'AH !!
 Aqiqah
Beberapa hari yang lalu saya mendatangi undangan tetangga yang menggelar acara syukuran anak pertamanya yang baru dilahirkannya (7 hari), yaitu acara Aqiqah dan memberi nama anaknya (walimatul aqiqoh wa tasmiyah).

Kebetulan saya duduk bersanding dengan pemuda yang rupanya protestan (suka protes amaliyahnya orang)

Kronologinya;

Disaat usai sesi gunting rambut si bayi, ayah bayi tersebut mengatakan kepada hadirin bahwa rambut cukuran bayi nya ini akan di timbang dan kemudian ia akan bersodaqoh “perak” seberat timbangan rambutnya tersebut.

Mendengar penjelasan ini seorang sanding saya ini tiba tiba nyletuk dengan nada lirih:

“Tradisi apalagi ini… ini perkara baru yang di ada adakan..”

Saya langsung merespon kala itu:”Maaf, ini bukan tradisi mas… praktek seperti ini di desa kami bukanlah hal yang baru…

Dia berkata:”Ah ada ada aja orang sini… kalau memang ini bukan tradisi berarti ini harus ada tuntunannya dong, paling tidak dari generasi salaf…

Saya:”Lho sampeyan pasti bukan orang sini ya…. Maaf, praktek seperti ini tuntunannya bukan hanya dari ulama salaf mas… tapi hadis-pun juga ada… Saya kira sampeyan aja yang mengada ngada dan kurang banyak baca…

Lalu dia berkata:”Owh, jadi ini ada dasarnya toh… tak kira tradisi yang di buat buat oleh penduduk sini, karena setahu saya, tuntunan Rasulullah hanyalah sebatas Aqiqah, memberi nama dan potong rambut. Maaf saya memang bukan orang sini, saya masih keluarganya ibu sang bayi ini yang masih kuliah. Mohon maaf atas ketidak tahuan saya, keterbatasan saya dan sudah lancang tidak berkhusnudzon. Terima kasih mas atas ilmunya.

Saya:”Sama sama mas.. (dalam hati: malu berat niyeee)
_________________*selesai

Para akhi akhi disini (sok arab) inilah dalil yang saya maksud diatas:

أخبرنا أبو أحمد المهرجانى أخبرنا أبو بكر بن جعفر المزكى حدثنا محمد بن إبراهيم حدثنا ابن بكير حدثنا مالك عن ربيعة بن أبى عبد الرحمن

عن محمد بن على بن حسين أنه قال : وزنت فاطمة بنت رسول الله -صلى الله عليه وسلم- شعر حسن وحسين فتصدقت بزنة ذلك فضة

Muhammad bin Ali bin Husein berkata:”Sayyidah Fatimah putri Rasulullah sholallahu alaihi wa sallam menimbang cukuran rambutnya Hasan & Husein dan kemudian beliau bersedekah perak seberat timbangan rambut tersebut (HR. Baihaqy & Malik)

قال صلى الله عليه وسلم لفاطمة لما ولدت الحسن: احلقي رأسه وتصدقي بوزن شعره فضة على المساكين. رواه احمد وحسنه الالباني فى الارواء (402/4

Nabi sholallahu alaihi wa sallam berkata kepada Fatimah tatkala ia melahirkan Sayyidina Hasan:”Cukurlah rambutnya dan bersedekahlah kamu perak seberat timbangan rambut kepada orang orang miskin (HR. Ahmad)

DAN BANYAK LAGI HADITS LAIN YANG SERUPA
______________________________________

قال الشافعى رحمه الله روى عن النبى -صلى الله عليه وسلم- أنه عق عن الحسن والحسين وحلق شعورهما وتصدقت فاطمة رضى الله عنها بزنته فضة

Imam Syafi’i rohimahullah berkata:”Telah diriwayatkan dari Nabi sholallahu alaihi wa sallam bahwa beliau mengAqiqahi Sayyidina Hasan dan Husein dan juga mencukur rambut mereka berdua lalu Sayyidah Fatimah bersedekah perak seberat timbangan rambutnya (HR. Baihaqy).

ويقول الإمام أحمد -رحمه الله-: لا بأس أن يتصدق بوزن شعر الصبي، يعني: من الفضة

Imam Ahmad rohimahullah berkata:”Tidaklah mengapa seorang yang bersedekah (perak) seukuran berat timbangan rambut si bayi.

DAN BANYAK LAGI UCAPAN PARA ULAMA. DAN BISA ANDA TEMUI DI KITAB2 FIKIH.

Dan sebenarnya banyak lagi perkara sunnah yang dianggap tradisi/adat/budaya oleh orang awam. Ini mungkin disebabkan “dulu” dakwahnya ulama, khususnya di jawa, bahwa mengenalkan “sunnah” itu dengan cara tradisi/adat/budaya.
Wallahu a’lam.

Semoga bermanfaat
Salam Aswaja !!

Source: Ust. Baba Naheel
Komentar
  1. jack mengatakan:

    Blog yang bagus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s