APABILA ADA MASALAH IBNU TAIMIYAH MEMBACA ISTIGHFAR 1000x

Posted: September 22, 2014 in KONTROVERSI BID'AH WAHABI - SALAFY, STOP MENUDUH BID'AH !!
 majmu fatawa
Diceritakan oleh Ibnu ‘Abdil Hadi, bahwasanya pernah Ibnu Taimiyah mengalami kesulitan dalam sebuah masalah, atau sulit memahami satu ayat. Beliau lalu datang ke sebuah tempat yang sepi di masjid, lalu mencecahkan keningnya di atas tanah (sujud) seraya berdoa kepada Allah berulang-ulang: “Wahai (Allah) Yang Mengajari Ibrahim, pahamkanlah diriku.”

Syaikhul Islam juga pernah menceritakan: “Sungguh, pernah ada sebuah masalah atau keadaan yang mengganggu pikiran saya. Lalu saya istighfar (memohon ampun) kepada Allah lebih kurang (1000 x) seribu kali, hingga dada saya terasa lapang dan lenyaplah problem yang saya hadapi.” Hal ini beliau lakukan di pasar, masjid, ataupun madrasah.
Dzikir seribu kali Ibnu Taimiyah
Dzikir Ibnu Taimiyah yang lain

1/447: ومن تجريبات السالكين التي جربوها فألفوها صحيحة أن من أدمن يا حي يا قيوم لا إله إلا أنت أورثه ذلك حياة القلب والعقل . وكان شيخ الإسلام ابن تيمية قدس الله روحه شديد اللهج بها جدا ، وسمعته يقول : من واظب على أربعين مرة كل يوم بين سنة الفجر وصلاة الفجر يا حي يا قيوم ، لا إله إلا أنت ، برحمتك أستغيث حصلت له حياة القلب ، ولم يمت قلبه .:

Dan termasuk di antara percobaan untuk salik yang mana hal itu telah aku coba dan muncul bekas yang nampak, yaitu barang siapa melanggengkan membaca ya hayyu ya qoyyum la ilaha illa anta, maka akan menjadikan hidup hatinya. Dan syaikhul islam Ibnu taemiyah sangat menganjurkan hal itu, dan aku mendengar darinya (Ibnu Taimiyah), barang siapa melanggengkan setiap harinya membaca ya hayu ya qoyyum la ilaha illa anta 41x di antara solat sunah fajar dan solat fajar [subuh], maka akan menjadikannya hidup hatinya dan tdk akan mati hatinya (Madarij as salikin: 1/447 : Ibnu Qoyyim).

Sejarah Ibnu Taimiyah di web Salafy

Ibnu Taimiyah penghancur bid’ah demikian kutipan dari web Salafy

***Akhir Kutipan***

Dari sini Ibnu Taimiyah melakukan beberapa amalan yang tidak pernah di lakukan oleh Nabi :

Berdoa dengan menyertakan Nama Nabi Ibrohim berulang-ulang kali, beristighfar 1000x apabila ada kesusahan (dilakukan di masjid, pasar & madrasah), berdzikir ya hayyu ya qoyyum setiap hari ba’da shubuh sebesar 41 kali. Menurut kami (ahlus sunnah waljama’ah) apa yang dilakukan Ibnu Taimiyah adalah bid’ah hasanah karena melakukan amalan yang tidak di lakukan Nabi Muhammad saw namum hal itu tidak bertentangan dengan Syari’at Islam.

Mana mungkin seorang Ibnu Taimiyah mengerjakan bid’ah yang biasa Salafy-Wahabi berkata bid’ah adalah “sesuatu amalan yang baru (tidak dilakukan Nabi Muhammad saw) yang sesat dan pelakunya Neraka. Akan tetapi Ibnu Taimiyah tidaklah sejalan dengan pengikutnya, bahwa yang beliau (Ibnu Taimiyah) maksud & kerjakan adalah bid’ah hasanah sesuai dalam keterangannya tentang bid’ah sbb:

“Dari sini dapat diketahui kesesatan orang-orang yang membuat cara atau keyakinan baru, dan mereka berasumsi bahwa keimanan tidak akan sempurna tanpa jalan atau keyakinan tersebut, padahal mereka tahu bahwa Rasulullah tidak menyebutkannya, dan apa saja yang tidak menyalahi nash itu dinamakan dengan Bid’ah berdasarkan kesepakatan kaum muslimin, sedangkan sesuatu / pandangan yang tidak menyalahi nash terkadang tidak dinamakan bid’ah, berkatalah Imam Syafi’i Rah : “Bid’ah terbagi dua yang pertama menyalahi Al-Qur’an, Sunnah, Ijma’ dan Atsar sebagian sahabat Rasulullah saw maka ini disebut Bid’ah Dholalah, kedua bid’ah yang tidak menyalahi hal tersebut diatas makan ini kadang-kadang disebut sebagai Bid’ah Hasanah berdasarkan perkataan Umar, inilah sebaik-baik bid’ah pernyataan Imam Syafi’i ini atau seumpama telah diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dengan sanad yang shahih didalam Madkhal )Majmu Fatawa Juz.20, Hal 163).

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s