TAK HANYA PENGIKUT MADZHAB SYAFI’I YANG DI TUDUH SYIAH, BAHKAN IMAM SYAFI’I PUN DI TUDUH SYIAH

Posted: September 26, 2014 in SYI'AH

Syiah

Tak hanya golongan Salafy-Wahabi yang gemar menuduh ahlus sunnah wal jama’ah yang menjalankan sunnah Nabi seperti berziarah kubur, Bersedekah untuk keluarga yang meninggal, dll sebagai pengikut Syiah, tapi dengan bangganya golongan Syi’ah pun menuduh ulama-ulama Madzhab seperti Imam Syafi’i sebagai penganut Syiah. seperti tulisan  Ibnu Nadim (Ulama syi’ah rafidhah) berikut ini.

“Imam Syafi’i sangat mencintai Syiah (syadid al-tasyayyu’). Salah satu kecintaan Imam Syafi’i kepada Syiah ditunjukkan ketika fatwanya bertentangan dengan fatwa Imam Ali, maka Imam Syafi’i langsung mengubah fatwanya, dan memilih untuk mengikuti fatwa Imam Ali”.

Demikian klaim sebuah tulisan yang dimuat dalam salah satu situs ormas Syiah.

Tulisan tersebut menukil pendapat sejarawan Ibnu Nadim al-Warraq dalam kitabnya “al-Fihrst”. Kesimpulan tentang tasyayyu’-nya Imam Asy Syafi’i tersebut ternyata hanya berdasarkan dari satu sumber, yakni Ibnu Nadim.

Itu pun tidak langsung merujuk kepada kitab Imam Asy Syafi’i atau muridnya. Karena itu, kesimpulan tersebut masih ‘belum matang’ dan perlu penelusuran keutuhan pemikiran Imam Asy Syafi’i.

Penelitian yang valid adalah membaca keseluruan pemikiran-pemikiran Imam Syafi’i. Setelah itu baru menyusun kesimpulan.

Jika hanya sepotong yang diungkap, maka pemahaman kita pun tidak utuh.

Menurut sejumlah informasi, tidak seluruh kabar dari Ibnu Nadim al-Warraq final dipercaya (tsiqah).

Ada kecenderungan tulisan-tulisan Ibnu Nadim al-Warraq condong kepada Syiah. Seorang ulama Syiah Abbas al-Qummi mengatakan Ibnu Nadim adalah seorang Syiah, dengan menyematkan nama Ibnu Nadim dengan gelar “al-Syi’i al-Imamiy” ketika menceritakan biografinya (baca Abbas al-Qummi,al-Kunya wa al-Alqab,hal. 405).

Para ulama Ahlus Sunnah juga mengenalnya sebagai orang Syiah. Ibnu Hajar mengutip informasi dari imam Adz Dzahabi mengatakan, “Dia (Ibnu Nadim al-Warraq) adalah seorang sastrawan, beraliran Syiah dan Mu’tazilah” (Ibnu Hajar al-‘Asqalani,Lisan al-Mizanjilid 6, hal. 559).

Imam Ibnu Hajar menambahkan bahwa setelah ia menelah karya-karya Ibnu Nadim, ia berkesimpulan Ibnu Nadim adalah seorang Rafidhah.

Ibnu Nadim, tambah Ibnu Hajar, menyebut orang yang bukan Syiah sebagai ‘orang awam’.

Dengan informasi itu, Ibnu Nadim bukan sekedartasayyu’tetapi sudah Rafidhi. Karena itu, kesimpulan Ibnu Hajar, bahwa khabar Ibnu Nadim ghairu mautsuq (tidak dipercaya).

Dalam sebagaian karyanya terdapat kebohongan (tentang status perawi beraliran Syiah dapat dibaca diLisanul Mizan jilid I).

Dari sini, informasi Ibnu Nadim tetang tasayyu’­-nya Imam Asy Syafi’i perlu diberi catatan.

Sebab, jika dikontraskan dengan pemikiran-pemikiran imam Asy Syafi’i lainnya terdapat kontradiksi. Baik dari kitab manaqib imam Asy Syafi’i maupun informasi para murid dan ulama bermadzhab Syafi’iyah menyaatakan bahwa Rafidah bagi Imam Asy Syafi’i sudah final ditolak dan sesat.

Imam Asy Syafi’i tidak sekedar mengeluarkan fatwa kewaspadaan, namun juga memutuskan larangan shalat di belakang Syiah Rafidhah. Ideologi taqiyah, merupakan salah satu yang hal yang paling diwaspadai.

Ia mengatakan: “Saya tidak pernah melihat seorangpun dari para pengikut hawa nafsu yang paling banyak berdusta dalam dakwaannya dan yang paling banyak bersaksi palsu dari pada Syiah Rafidhah” (Imam al-Baihaqi, Manaqib al-Syafi’iI/hal.468).

Kelompok ini, menurut imam Asy Syafi’i harus dijauhi, termasuk dalam shalat. “Janganlah shalat di belakang orang Syiah Rafidhah, Qadariyah dan Murji’ah” (Imam al-Dzahabi, Siyar A’lam al-Nubala’10/31).

Fatwa Imam Asy Syafi’i tersebut diikuti oleh para pengikut madzhabnya. Imam Nawawi al-Dimasyqi, penulisSyarh ala Shahih Muslimmengatakan :
“Aliran Syiah terlalu lemah dan logikanya terlalu rusak untuk sekedar disanggah atau didebat secara ilmiah” (Imam Nawawi al-Dimasyqi,Syarh ala Shahih Muslimjilid 8, hal. 145).

Imam Bukhari yang mengikuti madzhab Asy Syafi’i, tentu tidak jauh fatwanya dengan imam Asy Syafi’i. Beliau menilai Rafidhah masuk dalam ‘ring kekufuran’. Sehingga dikeluarkan larangan shalat di belakang mereka, menikahi mereka, mengantar jenazah dan mengucapkan salam kepada mereka.

Beliau mengatakan: “Saya tidak akan shalat di belakang orang Jahmiyah dan Rafidhah, sama seperti saya tidak shalat di belakang Yahudi dan Nasrani. Tidak boleh mengucapkan salam kepada mereka, menikah dengan mereka, menjenguk mereka, mengantar jenazahnya dan tidak memakan sembelihannya” (imam al-Bukhari,Af’al al-Ibad,I/hal.148).

Al-Buwaitiy (murid Imam Asy Syafi’i) bertanya kepada Imam Syafi’i, “Bolehkah aku shalat di belakang orang Syiah?” Imam Syafi’i berkata, “Jangan shalat di belakang orang Syi’ah, orang Qadariyyah, dan orang Murji’ah.” Lalu al-Buwaitiy bertanya tentang sifat-sifat mereka, Lalu Imam Syafi’i menyifatkan, “Siapa saja yang mengatakan Abu Bakr dan Umar bukan imam, maka dia Syi’ah”. (Siyar A’lam al-Nubala10/31).

Source: Ust. AI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s