SYEKH NI’MATULLAH BANYAK MENGISLAMKAN ORANG JEPANG

Posted: Maret 19, 2015 in KONTRIBUSI ULAMA ASWAJA, SUNNAH - ADAB & NASIHAT

Syekh Ni'matullah

Dizaman Kekalifahan Ottoman, Sultan mengirim sepuluh orang ke Jepang untuk menyebarkan Islam di Jepang. Jepang sangat siap menerima Islam, karena adab mereka sangat tinggi dan mereka senang dengan islam, selain itu mereka masih belum mengenal Islam.

Sebenarnya seluruh Jepang ketika itu akan menjadi Islam jika saja seseorang yang dikirim tidak melakukan kesalahan yang tidak disukai oleh orang Jepang. Salah satu dari mereka terlihat meludah di sembarang tempat dan orang Jepang sangat tidak suka dengan hal ini.

Oleh sebab itu adab sangat penting dan sangat penting untuk menjaga adab, dan jika salah satu saja dari murid-murid Mawlana Syaikh Nazim qs tidak memiliki adab yangg baik, maka menyebabkan seluruh orang tidak menerima kita.

Alhamdulillah salah satu yang dikirim ke Jepang adalah Syaikh Ni’matullah qs (usia beliau saat ini 114 tahun dan salah satu Wali Besar dan tinggal di Jepang), sampai saat ini beliau banyak membawa orang Jepang untuk masuk Islam dan mengenal Islam.
Syeikh Nikmatullah. adalah salah satu orang yang mengawali dakwah islam di Jepang. Di usianya yang telah senja saya melihat beliau masih kuat untuk naik dan turun tangga.

Syeikh Nikmatullah Hoja. Ia dilahirkan di Turki pada tahun 1901 dan telah berkelana ke lebih dari 50 negara. Syeikh Nikmatullah sendiri telah membimbing jamaah haji sebanyak 90 kali, yang artinya selama 90 tahun ia menunaikan ibadah haji.

Meski berusia lebih dari 100 tahun (Tahun 2015 Beliau berusia 112 thn), Syeikh Nikmatullah tampak segar dan sehat selama memimpin jamaah haji dari Jepang beberapa waktu lalu. Sesekali ia terlihat letih, namun secara keseluruhan tetap sehat wal’afiat. Suaranya lantang kalau mengimami sholat, keras kalau membaca doa, dan tegas kalau memberikan ceramah.

Di kalangan orang Jepang, nama Syeikh Nikmatullah bagai sebuah legenda. Dia adalah guru yang mengajarkan agama Islam pada hampir seluruh orang Jepang yang ingin belajar atau masuk Islam. Kalau anda tanya orang Jepang yang beragama Islam, mereka umumnya kenal dengan nama Syeikh Nikmatullah.

Figur Syeikh Nikmatullah yang tenang memancarkan aura kedamaian. Ia adalah juga gambaran wajah Islam yang damai dan penuh kasih sayang. Sungguh jauh dari bayangan dan persepsi negatif tentang Islam yang dibangun oleh media barat. Janggutnya yang putih memanjang, aura wajahnya yang bersinar, bagai “malaikat” yang ramah menyapa setiap orang. Beberapa kawan bahkan mengatakan wajahnya mirip sinterklas. Tak heran banyak orang Jepang yang menyayanginya dan kerap mengelus-elus janggut putihnya yang panjang.

Fenomena Syeikh Nikmatullah di Jepang sempat diliput oleh saluran televisi Al Jazeera pada tahun 2009 lalu. Di kota Tokyo, Syeikh Nikmatullah sering terlihat berdiri di depan stasiun kereta api Shinjuku, Shibuya, atau Harajuku. Ia berdiri mengenakan jubah dan kerudung putih yang panjang. Di sana, ia membagi-bagikan kartu atau semacam informasi tentang Islam pada orang Jepang yang lalu lalang. Di kartu itu tertulis ajakan untuk mengenal Islam sebagai agama yang damai.

Taki Takazawa (sekarang Abdullah) Tokoh Yakuza Jepang yang di perkenalkan Islam oleh Syekh Ni'matullah

Taki Takazawa (sekarang Abdullah) Tokoh Yakuza Jepang yang di perkenalkan Islam oleh Syekh Ni’matullah

Syaikh Ni’matullah qs dan Perkembangan Muslim di Jepang.

Source: Ust. Irwan Winardi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s