TAKUT MENJADI KAFIR, BOKO HARAM MEMBANTAI PULUHAN ISTRI MEREKA

Posted: Maret 24, 2015 in NEWS & INFO

ketakutan-boko-haram-bantai-puluhan-istri-mereka

Puluhan wanita Nigeria yang dipaksa menikah dengan anggota kelompok Boko Haram dilaporkan dibantai oleh ‘para suami’ mereka. Perisita ini terjadi sebelum pertempuran dengan tentara pemerintah di kota Bama yang terletak di timur laut negara itu.

Dikutip Dream.co.id dari laman Daily Mail, Jumat 20 Maret 2015, para saksi mengatakan militan Boko Haram membunuh istri-istri paksaan itu, karena takut mereka dinikahi tentara atau orang lain yang mereka nilai ‘kafir’.

Seorang perempuan bernama Sharifatu Bakura, 39 tahun, mengatakan, mereka tidak akan membiarkan istri-istri mereka dinikahi oleh ‘kafir’.

Ibu dari tiga anak ini menambahkan, Boko Haram mendengar kabar tentang serangan militer Nigeria terhadap Bama, yang merupakan basis kelompok itu di negara bagian Borno.

“Mereka memutuskan untuk melarikan diri ke kota terdekat, Gwoza, sebelum pasukan pemerintah datang. Tapi sebelumnya, mereka ‘akan membunuh istri-istri mereka sehingga tak seorang pun yang akan menikahi mereka’,” kata Bakura.

Suami Bakura tewas oleh Boko Haram empat bulan yang lalu, tapi dia tidak dipaksa menikah karena tengah hamil.

Boko Haram memaksa puluhan wanita Bama untuk menikah setelah merebut kota itu pada September tahun lalu. Tetapi pasukan pemerintah Nigeria mengumumkan akan merebut kembali kota itu pada Senin lalu.

Sejumlah saksi yang mendapat perlindungan militer pekan ini di ibukota Borno di Maiduguri, yang berjarak 45 kilometer dari Bama, mengatakan pembunuhan terhadap para wanita itu dimulai 10 hari sebelum Bama dibebaskan.

“Boko Haram mengatakan jika mereka membunuh istri-istri mereka, para istri itu akan tetap tak berdosa sampai mereka nanti bertemu lagi di surga, dan akan bersatu kembali,” kata Salma Mahmud, saksi lain.

Abba Kassim, pejuang yang bersama militer Nigeria merebut kota Bama, mengatakan dia melihat ‘puluhan mayat wanita’ di kota tersebut. Namun belum memastikan jumlah wanita yang tewas.

Pemberontakan Boko Haram telah menewaskan lebih dari 13 ribu jiwa sejak 2009. Presiden Nigeria Goodluck Jonathan menghadapi kecaman keras atas kegagalannya mengatasi kekerasan tersebut.

Pembantaian di Bama ini mengingatkan kejadian serupa di sejumlah sekolah menengah atas dan perguruan tinggi di Nigeria Timur Laut, di mana kelompok teroris ini telah mengeksekusi puluhan siswa karena dianggap mempelajari kurikulum ‘kafir’. (Ism).

Source: dream.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s