KBRI DI YAMAN DI BOM, 2 STAF DI KABARKAN TERLUKA, SAUDI BERTANGGUNG JAWAB ATAS SERANGAN TSB

Posted: April 21, 2015 in NEWS & INFO
Tag:

KBRI_yaman

Jakarta – KBRI di Sanaa, Yaman, dibom. Gedung KBRI hancur terkena ledakan. Belum diketahui dari pihak mana yang membombardir Sanaa hingga merusak kantor KBRI.

Seorang pembaca Saiful, lewat surat elektronik ke redaksi, Senin (20/4/2015) mengabarkan dua staf KBRI mengalami luka. Kedua korban luka diidentifikasi bernama Sapto dan Rifki yang mengalami luka di tangan dan kaki.

KBRI_yaman-01

Seorang diplomat Indonesia yang dikonfirmasi juga memastikan adanya kerusakan itu. “KBRI Sanaa rusak,” terang diplomat yang tak mau disebutkan namanya itu.

Sayangnya sumber resmi Kemlu RI belum bisa dikonfirmasi. Juru Bicara Kemlu Arrmanatha dan Direktur Perlindungan WNI Lalu M Iqbal yang dikontak lewat telepon belum merespons.

Source: detiknews.com

***

Saudi akui jet tempurnya tak sengaja hancurkan KBRI Yaman

Menteri Luar Negeri Retno L.P Marsudi langsung menemui Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Mustafa I.A Mubarak setelah serangan jet tempur menghancurkan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ibu Kota Sana’a, Yaman.

Dubes menjelaskan pada Menlu Retno, bahwa jatuhnya bom ke Distrik Hadda tidak disengaja. “Dubes menegaskan atau mengulangi ini bukan direct target, jadi telah disampaikan bahwa ini bukanlah sasarannya tapi target lain, namun imbasannya adalah ke KBRI Sana’a,” kata Retno saat ditemui di sela Konferensi Asia Afrika, Jakarta, Selasa (21/4).

Pemerintah Indonesia belum menuntut permintaan maaf. Namun, Retno mengatakan dia menyesalkan serangan ini, karena pasukan Liga Arab seharusnya tahu obyek vital seperti kedutaan asing harus dilindungi di area konflik.

“Saya sampaikan juga mengenai masalah proteksi terhadap visi misi diplomatik konsuler,” tandasnya.

Terkait apakah akan ada ganti rugi, menlu belum berkomentar. Dia masih menunggu penjelasan tambahan dari pihak Saudi. “Saya meminta penjelasan dari mereka dan mencari penjelasan apa yg akan mereka lakukan.”

Dari informasi yang diterima Kementerian Luar Negeri, serangan udara Liga Arab sebetulnya menyasar depot senjata milik pasukan Houthi yang berada di Bukit Faj Attan, dekat distrik Hadda. Di Hadda, terletak Istana Kepresidenan Yaman dan komplek kedutaan besar pelbagai negara. Sementara bangunan dituding gudang senjata letaknya satu kilometer dari KBRI.

Kerusakan bangunan milik pemerintah RI itu mencapai 90 persen akibat serangan kemarin. Beberapa WNI luka ringan, ketika berusaha menyelamatkan diri.

Merujuk perkembangan terakhir, 37 WNI yang sempat bertahan di KBRI Sana’a telah diungsikan ke Kota Hudaidah lewat jalur darat pada pukul 04.00 pagi tadi waktu setempat. Akibat serangan kemarin, 46 warga sipil Yaman tewas.

Source: merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s