ANTARA KLAIM AL-ALBANI & PENGIKUTNYA DENGAN FAKTA MEMBACA AL-QUR’AN DI KUBUR

Posted: Mei 13, 2015 in STOP MENUDUH BID'AH !!
Tag:

Pendapat yang paling benar

Berawal ketika Syaikh Albani mentahqiq kitab Riyadlush Shalihin karya Imam al Nawawi yang menyatakan:

قال الشافعي ويستحب أن يقرأ عنده شيء من القرآن وإن ختموا القرآن عنده كان حسنا
“Syafii berkata: Dianjurkan membaca al Quran di dekat kuburnya. Jika mereka mengkhatamkan al Quran di dekat kuburnya, maka bagus”.

Syaikh Albani berkata: “Saya tidak tahu dimana Syafii mengatakan hal itu. Mengenai keabsahannya ada keraguan besar bagi saya. Karena dalam madzhab Syafii, bacaan al Quran tidak sampai kemana mayit”. Begitu pula Syaikh Albani menyatakan bahwa dalam madzhab Imam Ahmad tidak ada anjuran baca al Quran di kuburan.

Membaca Qur'an di Kuburan

Tentu pendapat Syaikh ini tidak benar. Sebab:

1. Imam Syafii menganjurkan bacaan al Quran di kubur dijelaskan dalam kitab al Umm, berarti Syaikh Albani belum membacanya tapi mengklaim seperti diatas.Imam Syafii berkata:

وأحب لو قرئ عند القبر، ودعي للميت وليس في ذلك دعاء مؤقت
“Saya (al Syafii) senang jika dibacakan al Quran di dekat kuburnya dan mayit didoakan. Tidak ada doa yang memiliki waktu tertentu dalam hal itu (maksudnya boleh kapan saja)”. (Al Umm, Imam Syafii)

2. Dalam madzhab Imam Ahmad anjuran baca al Quran justru perkataan Imam Ahmad yang dikutip ulama ulama besar Hanbali, seperti Ibnu Qudamah:

فصل: قال: ولا بأس بالقراءة عند القبر، وقد روي عن أحمد أنه قال: إذا دخلتم المقابر اقرءوا آية الكرسي وثلاث مرات قل هو الله أحد، ثم قل: اللهم إن فضله لأهل المقابر.
“Fasal, tidak apa apa baca al Quran di kubur. Sungguh telah diriwayatkan dari Ahmad, beliau berkata: “Jika kalian masuk ke makam, bacalah ayat kursi dan 3 kali surat al Ikhlas. Lalu berdoalah: Ya Allah, sungguh anugerahnya untuk para ahli kubur” (Al Mughni, Ibnu Qudamah).

 Source: Ust. Ma’ruf Khozin

Ulama wahhabi yakni syaikh utsaimin menyatakan dalam kitabnya Fatawa al Aqidah ketika ditanya tentang hukum membaca Al Quran disisi kuburan beliau menjawab:
هذا العمل من الامور المنكرة التي لم تكن معروفة في عهد السلف الصالح

Jawaban syaikh Utsaimin di atas jelaslah merupakan kedustaan, karena para ulama salaf sepakat bahwa membaca Quran disisi kubur merupakan hal yg dibolehkan, bahkan dianjurkan, sebagaimana telah dicatat oleh imam an Nawawi didalam kitabnya Riyadush Shalihin, ia berkata:

قال الشافعي رحمه: ويستحب ان يقرأ عنده شيء من القرآن

Imam Syafi’i (ulama generasi salaf) berkata: “Membaca al Quran disisi kubur merupakan amal yg disukai (mustahab).

Begitu juga dicatatkan oleh imam Syafei sendiri didalam kitabnya al Umm:
واحب لو قرئ عند القبر

Beliau mengatakan bahwa membaca al Quran disisi kubur merupakan amalan yg beliau sukai.

Imam Syafei merupakan ulama sering dijadikan adu domba oleh kalangan wahhabi, sering sekali mereka mengatakan bahwa bacaan al Quran tidak memiliki manfaat jika dibacakan kepada orang yg sudah mati dengan dalih imam Syafei yg mengatakan hal tersebut, wal ‘iyadzubillah..

Source: Muzani Al-fadani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s