WISUDA PESANTREN AL FATAH TEMBORO MENCETAK RIBUAN DAI & SANTRI HAFAL QUR’AN & HADITS

Posted: Agustus 5, 2015 in KONTRIBUSI ULAMA ASWAJA, NEWS & INFO
Tag:, ,
KH. Mahmud Pendiri Ponpes Al Fatah Temboro

KH. Mahmud Pendiri Ponpes Al Fatah Temboro

Pesantren Al-Fatah Temboro, yang terletak di Magetan Jawa Timur ini, memang adalah basis terbesar dari Jamaah Tabligh Indonesia, Di dirikan oleh KH. Mahfud yang pernah menjabat sebagai anggota PCNU Jatim, kepemimpinan pesantren kemudian di teruskan oleh anaknya yaitu almarhum KH. Uzairon Mursyid Tarekat Naqsyabandiyyah Kholidiyyah (alumni pesantren Gontor).

Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1434 Hijriah yang mendatangkan penceramah KH. Uzairon Thoifur Abdilah, dari Ponpes Temboro, Magetan, Rabu (19/6).

Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1434 Hijriah yang mendatangkan penceramah KH. Uzairon Thoifur Abdilah, dari Ponpes Temboro, Magetan, Rabu (19/6).

Berkat hidupnya amalan sunnah Nabi yang di praktekan dan disebar luaskan di pesantrennya, terciptalah kehidupan agamis yang ada di lingkungan kampung tsb. Berkat wasilah dakwah jamaah di pesantren tsb, diceritakan bahwa alhamdulillah mereka berhasil menghalau kristenisasi di beberapa daerah di Indonesia, seperti terkutip dari blog Ust. Danang, sbb :

***Awal Kutipan***

Kejadian kristenisasi yang dilawan dengan dakwah. Yaitu tentang Romo Mangun yang telah menghabiskan miliaran rupiah untuk mengkristenkan ratusan penduduk suatu kampung. Kemudian dari Temboro diutus para pendakwah untuk mengembalikan penduduk yang telah murtad tersebut. Dalam waktu sehari, dengan izin Allah mereka kembali kepada Islam seluruhnya. Hal itu membuat Romo Mangun stress dan tak lama setelah itu ia meninggal dunia. Padaha ia telah menyiapkan beberapa bus untuk mengangkut penduduk yang telah dimurtadkan tersebut guna dibaptis. Namun tak seorang pun yang menaiki bus tersebut karena mereka telah kembali menjadi muslim.

Pentingnya menghafal matan, khususnya bagi para dai. Beliau mengatakan, “Mutunuha hushunuha.” Yang paling utama adalah Al-Quran matan hadits. Di sana, santri yang berhasil menghafal matan 1000 hadits akan diumrohkan. Ternyata setelah berita itu diumumkan, antusias santri sangat tinggi sehingga yang berhasil menghafal jumlahnya banyak. Akhirnya, pada pengumuman berikutnya disampaikan bahwa yang berhasil menghafal akan mendapatkan “hadiah khusus” tanpa ditentukan bentuknya.

Menghafal matan bagi seorang dai atau ulama ibarat senjata. Siapa yang tidak hafal matan akan menjadi seperti orang awam. Bagaimana ia akan berdalil kalau matannya tidak hafal. Setidaknya matan Al-Quran dan matan hadits. Di sana, santri yang hafal kitab Minhajut Tholibin diberi hadiah umroh gratis. Ketika saya tanya berapa santri yang sudah pernah menghafalnya, salah seorang ustadz menjawab ada sekitar 8 santri (wawancara Januari 2015). Subhanallah. Kitab yang ditulis oleh Imam Nawawi tersebut termasuk referensi terpenting dalam kajian fikih Syafi’i. Hingga saat ini, kitab tersebut terus dikaji dan disyarah oleh para ulama. Setidaknya ada 4 kitab syarah utama masih terus dikaji di pesantren-pesantren salaf.

Ujian tahfizh dilaksanakan selama tiga hari 30 juz. Mengutip hadits: tidak dianggap faqih orang yang khatam kurang dari 3 malam. Kriteria lulusnya adalah memiliki kesalahan atau lupa tidak lebih dari 60 kali. Jadi, rata-rata 2 kali kesalahan setiap juz. Lebih dari itu dianggap tidak lulus. Dalam prakteknya, ada sebagian santri yang tidak memiliki kesalahan sama sekali dalam ujian. (Baca lebih lanjut).

***Akhir Kutipan***

Dan Alhmdulillah Wisuda sekitar 2000 Santri TAMBORO Magetan Jawa Timur 1-8-2015

SANTRI BERPRESTASI:

1 org hafal 10.000hadis.
1 org hafal 7.500 hadis.
6 org hafal 7.313hadis.
28 org hafal 5rb – 5600 hadis.
46 org hafal 3rb – 4300 hadis.
16 org hafal bulugul maram.
22 org hafal mukhtashar bukhari.
Semua yg hafal hadis adalah hafal Quran.
27 org hafal quran tanpa salah.
163 hafal quran sedikit salah. (Sumber)

Wisuda Pesantren Temboro Magetan Jawa Timur mencetak Penghapal Qur'an & Hadits-01Wisuda Pesantren Temboro Magetan Jawa Timur mencetak Penghapal Qur'an & Hadits-03Wisuda Pesantren Temboro Magetan Jawa Timur mencetak Penghapal Qur'an & Hadits-02

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s