FUQAHA & SUFI ADALAH PENYANGGA ISLAM

Posted: Desember 2, 2015 in MUTIARA HIKMAH, SILATURAHMI & PERSAUDARAAN ASWAJA, SUNNAH - ADAB & NASIHAT, TAFSIR & QOUL ULAMA, TASAWUF

Syekh Hisyam Khabbani

WAZIR NIDZAM AL MULK merupakan pelaksana pemerintahan Daulah Saljuqiyah yang amat memusuhi Syi’ah Ismailiyah. Sehingga ia dengan berbagai upayah menguatkan pengaruh Sunni di wilayah yang berada di bawah kekuasaan Daulah Bani Saljuq dengan membangun masjid-masjid dan sekolah dan para ulama pun mendekati Nidzam Al Mulk.

Meski menjabat sebagai wazir, Nidzam Al Mulk amat dekat dengan para ulama serta menginfakkan harta untuk mereka. Majelis Nidzam Al Mulk sendiri dipenuhi oleh para fuqaha dan para ulama Sufi. Hingga suatu saat datang sebuah surat teguran untuk Nidzam Al Mulk yang menyebutkan bahwa adanya para fuqaha dan para sufi di majelis Nidzam Al Mulk membuatnya lalai dari tugasnya sebagai pelaksana pemerintahan.

Namun, apa jawab Nidzam Al Mulk terhadap surat itu? Ia menyampaikan,”Kelompok itu ( fuqaha dan para sufi) adalah penyangga Islam. Mereka adalah keindahan dunia dan akhirat. Kalau sendainya satu-persatu dari mereka duduk di atas kepalaku aku pun menerimanya!” (lihat, Al Muntadzam li IbnuAl Jauzi, 9/460).

Source: hidayatullah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s