BERBAIK SANGKA LAH KARENA TIDAK SEMUA YANG KAU LIHAT ITU BENAR

Posted: Februari 18, 2016 in STOP MENUDUH BID'AH !!, SUNNAH - ADAB & NASIHAT
Tag:

Menuduh

Sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim;

قوله صلى الله عليه وسلم : ( رأى عيسى رجلا يسرق فقال له عيسى : سرقت ، قال : كلا ، والذي لا إله إلا هو ، فقال عيسى : آمنت بالله ، وكذبت نفسي ) .

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Suatu hari Isa bin Maryam melihat seorang lelaki sedang mencuri. Seketika itu Isa bertanya, “Apakah kamu mencuri?” Lelaki itu menjawab, “aku tidak mencuri! Demi Dzat yang tidak ada sesembahan selain-Nya!” Kemudian Isa berkata, “Aku beriman kepada Allah, dan mendustakan diriku sendiri.” (HR Muslim).

قال القاضي : ظاهر الكلام صدقت من حلف بالله تعالى ، وكذبت ما ظهر لي من ظاهر سرقته ، فلعله أخذ ما له فيه حق ، أو بإذن صاحبه ، أو لم يقصد الغصب والاستيلاء ، أو ظهر له من مد يده أنه أخذ شيئا ، فلما حلف له أسقط ظنه ، ورجع عنه .

(Imam nawawi mengomentari) Al-Qadhi berkata, ‘Secara zhahirnya maksud ucapan di atas, ‘Aku percaya dengan siapa yang bersumpah atas Nama Allah, sementara itu aku mendustakan atas apa yang nampak kepadaku orang yang secara zhahirnya mencuri.

Bisa jadi lelaki yang mencuri itu pada dasarnya dia mengambil haknya, atau dia mengambilnya setelah mendapat izin dari pemilik sebenarnya, atau dia mengambil sesuatu itu tidak bermaksud ghashab atau yang lain, atau secara zhahirnya dia mengambil sesuatu tetapi setelah lelaki itu bersumpah gugurlah praduganya. Dan mengembalikan kepadanya.”
شرح النووي على مسلم

 

Source: Ust. Anshori Dahlan

Komentar
  1. andi indrawan mengatakan:

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ijin min saya mau tanya buku fikiq mazhab syafii yang lengkap itu pa judulnya dan dimana bs saya beli,karna saya tinggal di kota padang mayoritas penduduk Muhammadiyah trimakasi min

    • generasisalaf mengatakan:

      Wa’alaikum salam wr. wb

      Imam Nawawi dalam syarah Muhadzab berkata setidaknya ada 115 karangan Imam Syafi’i”

      Yg sy ketahui (mohon koreksi jika salah) Al-umm adalah kitab Induk & terlengkap Imam Syafi’i, namun sebagai dasar, saya kira kita belum bisa/ mampu memahami kitab2 Imam Syafi’i secara langsung. Ada baiknya anda pelajari kitab2 dari murid2 Imam Syafi’i atau ulama2 Syafi’i terlebih dahulu yang memang mereka lebih mengerti qoul2 Imam Syafi’i.

      Atau bisa anda tanyakan langsung kepada guru2 Anda, saya kira di Padang banyak pesantren2 berhaluan ahlus sunnah wal jama’ah, Anda bisa datang & menanyakannya langsung, mungkin disana ada menjual kitab2nya pula.

      Mohon maaf jika kurang memuaskan & terima kasih sudah mampir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s