TEMPAT-TEMPAT DIKABULKANNYA DOA

Posted: Maret 28, 2016 in AMAL GENERASI SALAF, STOP MENUDUH BID'AH !!, SUNNAH - ADAB & NASIHAT
Tag:

Berdoa di Kubur

Sebagian tempat memiliki keutamaan di atas tempat lainnya, sebagaimana sebagian waktu, orang, benda dan lain-lain juga memiliki keutamaan di atas yang lainnya.

Di antara keutamaan sebagian tempat itu adalah dikabulkannya doa di situ dan dicurahkannya kebaikan kepada tempat itu sehingga keberkahan itu mengalir kepada orang yang berdoa di situ. Hal ini serupa dengan mengalirnya keberkahan orang-orang shalih yang berzikir kepada orang yang hanya ikut duduk bersama mereka meski tidak termasuk dari mereka. Dalam hadits disebutkan, “Mereka adalah orang-orang yang tidak pernah rugi siapapun yang duduk bersama mereka.”

Imam Ibnul Jazari (wafat tahun 833H, semoga Allah senantiasa merahmatinya) dalam kitabnya “Al-Hishnul Hashin” mengatakan:

Tempat-tempat dikabulkannya doa adalah tempat-tempat yang diberkahi. Saya tidak tahu dalilnya kecuali hadits riwayat ath-Thobaroni dengan sanad yang bagus bahwa Nabi SAW, “Doa akan dikabulkan ketika melihat Ka’bah.”

Telah dicoba dan terbukti di banyak tempat yang populer:

1. Di tiga Masjid (Harom, Nabawi dan Aqsha).
2. Di antara dua lafzhul jalalah dalam surat Al-An’am (ayat 124).
3. Ketika Tawaf.
4. Di Multazam, ada haditsnya marfu dan musalsal.
5. Di dalam Ka’bah.
6. Di Zamzam.
7. Di Shafa.
8. Di Marwah.
9. Di tempat sa’i.
10. Di belakang Maqom Ibrahim.
11. Di Arafah.
12. Di Muzdalifah.
13. Di Mina.
14. Di Jamarat.
15. Di kuburan-kuburan para nabi. Tapi tidak ada riwayat shahih tentang kuburan nabi kecuali hanya Nabi Muhammad SAW. Sedangkan kuburan Nabi Ibrahim berada di dalam lingkaran tanpa ada penentuan letaknya secara pasti.
16. Dan telah terbukti berdoa di dekat kuburan orang-orang shalih dikabulkan, dengan syarat-syarat yang telah diketahui.

Download pdfnya: http://waqfeya.com/book.php?bid=8212

AMAL GENERASI SALAF KUBURAN ADALAH TEMPAT BERDOA YANG MUSTAJAB

Imam Ibnu Abdil Hadi (840-909H) dalam kitabnya “Adab ad-Du’a” mengatakan:

Hendaknya seseorang mencari tempat-tempat yang berpotensi untuk terkabulnya doa di situ. Perkara ini telah dilakukan oleh sejumlah orang terdahulu. Menurut sebuah riwayat, Syamsuddin bin Abi Umar dahulu sering berdoa, khususnya di tempat-tempat yang berpotensi untuk dikabulkan di situ.

Dalam kitab “Thabaqat” disebutkan bahwa berdoa di dekat kuburan Utsman bin Musa al-Tha’i adalah mustajab (mudah dikabulkan).

Dahulu Ibrahim al-Maqdisi rutin melakukan doa setiap Rabu antara Zhuhur sampai Ashar di kuburan para syuhada yang terletak di Bab al-Shaghir.

Dahulu Syaikh Abu Umar juga berdoa di Magharatud Dam (lokasi pembunuhan Qabil terhadap Habil, terletak di Gunung Qasiyun Damaskus Suriah). Beliau juga mengajak para wanita (istri-istri beliau) untuk hadir di situ.

Adabud Du'a - Ibnu Abdil Hadi

Sumber: “Adabud Du’a”, Ibnu Abdil Hadi, halaman 183.

Imam Ibnu Hibban (pengarang kitab Shahih Ibnu Hibban, semoga Allah selalu merahmatinya) dalam kitabnya “Ats-Tsiqaat” mengatakan:

قال الإمام الحافظ ابن حبان رحمه الله تعالى في كتابه “الثقات” :

وما حلت بي شدة في وقت مقامي بطوس فزرت قبر علي بن موسي الرضا صلوات الله على جده وعليه ، ودعوت الله إزالتها عني إلا أستجيب لي وزالت عني تلك الشدة ، وهذا شئ جربته مرارا فوجدته كذلك.

Tidak pernah saya ditimpa kesulitan selama saya tinggal di kota Thus kemudian saya berziarah ke kubur Ali bin Musa ar-Ridho –semoga sholawat tercurah kepada kakeknya dan juga dirinya– lalu saya berdoa memohon kepada Allah supaya menghilangkan kesulitan itu dari saya, kecuali pasti doa saya dikabulkan dan kesulitan itu pun hilang dari saya. Ini sudah sering saya coba berkali-kali dan saya dapati sama seperti itu.”

Sumber: “Ats-Tsiqaat”, Imam Ibnu Hibban, 8/457. Download PDF-nya:http://waqfeya.com/book.php?bid=3590

Ats-Tsiqaat-Imam Ibnu Hibban 8-457

Diterjemah oleh: Abul Faruq Danang Kuncoro W (semoga Allah mengampuninya).

Source: Ust. Danank. K

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s