RUNTUHNYA TEORI HAMILTON GIBS, KEMBALI KE ALQURAN DAN HADITS

Posted: Juli 25, 2016 in STOP MENUDUH BID'AH !!
Tag:

anti-mazhab

Hay IJO AMAN, Antum katanya bermadzhab Syafi’i, ana mau tanya kenapa antum memakai “kitab2 syafi’iyah” sebagai rujukan dalam berfikih, bukan kembali kepada Qur’an – Hadits langsung ?

Emang Kitab Fikih Syafiiyah Ada Dalilnya ?

Jawab :

Begini, Mungkin panjenengan (Anda) hanya melihat kitab Fathul Qorib misalnya, panjenengan tiba-tiba menuduh bahwa kitab-kitab Syafiiyah tidak ada dalilnya, sebab di dalamnya hanya ada bab, definisi dan pembagian. Betul?

Karena panjenengan tidak bermadzhab, maka bagaimana mungkin mengetahui dan paham “sistem madzhab” ?

Mari kita lihat, Imam Syafii yang diakui sebagai Mujtahid Independen (Mutlaq/Mustaqil) menulis kitab al-Umm yang memuat banyak dalil. Dari al-Umm kemudian diurai oleh penerus madzhab Syafiiyah diantaranya oleh al-Muzani, selanjutnya oleh Imam Al-Mawardi. Kedua kitab ini masih banyak memuat dalil.

Dari sisi yang lain, al-Umm dikembangkan lagi melalui beberapa kitab misalnya oleh al-Syairazi dalam al-Muhadzab, disyarahi dan ditarjih oleh al-Nawawi dalam al-Majmu’. Kedua kitab ini pun tempat gudang dalil, bahkan lautan dalil.

Dari jalur madzhab Syafiiyah lainnya, Imam Haramain mengurai al-Umm dalam Mihayat al-Mathlab, diurai kembali oleh muridnya Imam al-Ghazali, ditarjih oleh generasi sesudahnya yakni al-Rafii dan dikuatkan kembali oleh al-Nawawi dalam Raudhahnya. Kitab-kitab ini dilengkapi dengan dalil-dalil hukum Islam.

Dari berbagai ilmu fikih yang sudah diolah itulah, lalu disajikan dalam kitab praktis agar langsung mudah diamalkan, sperti Fathul Qarib. Maka jangan katakan Fathul Qarib tidak ada dalilnya, sebab dalilnya tercantum dalam struktur kitab-kitab diatasnya.

Kitab Fathul Qarib dan sejenisnya ibaratnya adalah ‘kertas resep’ dari dokter yang sudah dikaji di laboratorium oleh para pakarnya. Apakah mungkin dalam resep obat ada dalil dalil medisnya?

Mbok Yo’ho MIKIR to rek rek

Enggan Bermadzhab Lantas Melontarkan Ajakkan “Kembali Ke Alquran Dan Hadits” adalah perbuatan AHLI BID’AH DAN ORANG FASIQ

Imam Bin Hambal Menyatakan Bahwa Orang tidak madzhab itu AHLI BID’AH dan FASIQ, Beliau berkata:

ومن زعم أنه لا يرى التقليد ولا يقلد دينه أحدًا فهو قول فاسق عند اللَّه ورسول – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – إنما يريد بذلك إبطال الأثر تطيل العلم والسنة والتفرد بالرأي والكلام والبدعة والخلاف

Siapa saja yang tidak setuju dengan taklid, dan ia tidak bertaklid kepada siapa pun dalam agamanya, Maka ucapannya tergolong ucapan orang fasiq di hadapan Allah dan rasulNya. Tujuan pernyataan orang tersebut hanyalah menggugurkan atsar, menonaktifkan ilmu dan sunah, serta tunduk pada pendapat pribadi dan senang bid’ah juga perselisihan. (Tobaqotul hanabilah 1/31)

Ternyata Slogan kalimat “Kembalilah kepada Al-Qur’an dan Sunnah” itu berawal dari pemikiran Prof. Dr. Hamilton Gibbs dlm Kitab “Maf-huumu Tajdid ad-Diin” (karangan Busthami Muhammad Sa’id) untuk menyesatkan umat, memutus mata rantai keilmuan dlm agama islam dan memecah belah umat Islam..

Memang slogan kalimat tersebut sangat indah, namun bila dikaji lebih jauh, kalimat tersebut mengandung arti bahwa umat islam tdk perlu adanya pemikiran ulama2 Salaf khususnya imam2 besar dlm mengambil kesimpulan sebuah ayat atau hadits.. Dan pemikiran Gibbs tersebut berhasil didengung-dengungkan oleh Wahabi..

Wahabi kalau tidak percaya silahkan kroscek..

Owh iya Lupa , beliau Prof. Dr. Hamilton Gibbs adalah teolog beragama Nasrani..

Apakah Al-Hafidz Ibnu Hajar Bermadzhab Syafi’i?

Ya benar. Ahli hadis pengarang Fath al-Bari syarah Sahih al-Bukhari dan berhasil mencetak para pakar hadis ini adalah bermadzhab Syafi’i, bahkan diakui oleh ulama salafi-wahabi syekh al-Albani;

اﻟﺤﺎﻓﻆ اﺑﻦ ﺣﺠﺮ اﻟﻌﺴﻘﻼﻧﻲ : ﺃﺣﺪ ﻛﺒﺎﺭ ﻋﻠﻤﺎء اﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ اﻟﺠﺎﻣﻌﻴﻦ ﺑﻴﻦ اﻟﺤﺪﻳﺚ ﻭاﻟﻔﻘﻪ

Al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani: Salah satu ulama besar madzhab Syafiiyah yang menggabungkan antara hadis dan fikih (Shifat Shalat Nabi, 1/175)

Ahli hadis saja bermadzhab, kok bukan ahli hadis malah tidak mau bermadzhab?

Source: Ust. Allama Alaudin & Ust. Ma’ruf Khozin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s