ULAMA SUFI YANG TETAP BERTEMPUR MESKI PERUTNYA TERLUKA PARAH

Posted: Agustus 26, 2016 in KONTRIBUSI ULAMA ASWAJA, TASAWUF, TOKOH, TRUE STORY
Tag:, , ,

Jihad Ulama Sufi

ALI BIN BIKKAR ASY SYAMI disamping seorang ahli ibadah, ulama sufi ini juga melakukan ribath di Al Masyis dan mengikuti beberapa pertempuran.

Bahkan pernah di salah satu pertempurannya, Ali bin Bikkar Asy Syami tertusuk bagian perutnya, yang menyebabkan ususnya keluar hingga di atas pelana kuda yang ia tunggangi untuk berperang. Namun kemudian Ali bin Bikkar Asy Syami memasukkan kembali ususnya ke perutnya, lalu ia balut perutnya dengan surban yang ia miliki kemudian melanjutkan untuk bertempur.

Meski terluka parah, dalam pertempuran itu, Ali bin Bikkar Asy Syami berhasil membunuh 13 orang dari musuh yang dikenal amat bengis. (Al Kawakib Ad Durriyah, 1/378).

Karomah Ali Bin Bikkar Asy Syami

ALI BIN BIKKAR ASY SYAMI dalah seorang ulama faqih, sekaligus seorang sufi yang banyak melakukan ibadah, hingga ia dikenal sebagai orang yang melaksanakan shalat shubuh dengan wudhu isya’.

Suatu saat Ali bin Bikkar bersama dengan Abu Ishaq Al Fazazi keluar bersama untuk mencari kayu bakar. Namun Abu Ishaq melihat bahwa Ali bin Bikkar tertinggal di belakangnya.

Abu Ishaq pun kembali untuk menemui Ali bin Bikkar. Abu Ishaq  pun mendapati Ali bin dalam keadaan duduk bersila, di pangkuannya kepala seekor singa bersandar. Singa itu sedang tidur.

Abu Ishaq pun bertanya,”Kenapa engkau duduk di sini?”

Ali bin Bikkar pun menjawab,”Singa ini datang kepadaku, aku pun memperlakukannya dengan penuh kasih sayang. Dan aku di sini menunggu singa ini terbangun, baru setelah itu menyusulmu.” (Al Kawakib Ad Durriyah, 1/378)

Source: hidayatullah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s