IMAM SYAFI’I MENGUASAI 170 ILMU TENTANG AL-QUR’AN

Posted: September 30, 2016 in MADZHAB & KHILAFIYAH, NEWS & INFO, TOKOH
Tag:

aImam Syafi'i

HARUN AR RASYID suatu saat bertanya kepada Imam Asy Syafi’i mengenai Kibullah.

Imam Asy Syafi’i pun menjawab,”Sesungguhnya ilmu mengenainya banyak. Apakah Anda hendak bertanya kepadaku mengenai muhkam dan mutasyabihnya? Yang turun lebih awal dan yang lebih akhir? Atau tentang nasikh dan mansukhnya? Atau tentang apa-apa yang hukumnya berlaku meski tilawahnya diangkat? Atau tentang Makkiyah dan Madaniyahnya? Atau tentang mujmal dan mubayyannya? Atau tentang `am dan khasnya?”

Imam As Syafi’i pun terus menyebutan disiplin ilmu yang ia kuasai mengenai Al Qur`an hingga 170 jumlahnya. (Hasyiyah At Tarmasi, 1/771)

Subhanallah, Dalam ilmu al-qur’an saja Imam Syafi’i menguasai ilmu cabangnya hingga 170 ilmu, bagaimana dengan ilmu-ilmu yang lain semacam ilmu hadits, dll??, maka pantas rasanya muridnya yaitu Imam Ahmad sampai berkata:

ﻗﺎﻝ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ: ﺇﺫا ﺳﺌﻠﺖ ﻋﻦ ﻣﺴﺄﻟﺔ ﻻ ﺃﻋﺮﻑ ﻓﻴﻬﺎ ﺧﺒﺮا ﻗﻠﺖ ﻓﻴﻬﺎ ﺑﻘﻮﻝ اﻟﺸﺎﻓﻌﻲ؛ ﻷﻧﻪ ﺇﻣﺎﻡ ﻗﺮﺷﻲ ﻭﻗﺪ ﺭﻭﻯ ﻋﻦ اﻟﻨﺒﻲ: -ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ- ﺃﻧﻪ ﻗﺎﻝ: “ﻋﺎﻟﻢ ﻗﺮﻳﺶ ﻳﻤﻸ اﻷﺭﺽ ﻋﻠﻤﺎ”.
Ahmad bin Hanbal berkata: “Jika aku ditanya sebuah masalah yang tidak aku ketahui hadisnya maka aku berfatwa dengan fatwanya asy-Syafii. Sebab beliau adalah Imam dari kabilah Quraisy. Sungguh telah diriwayatkan dari Nabi shalla Allahu alaihi wa sallama: “Orang alim dari suku Quraisy akan memenuhi ilmu di dunia”(Siyar A’lam an-Nubala’, 8/271).

Source: hidayatullah.com & KH. Ma’ruf Khozin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s