TRADISI BID’AH HASANAH YANG DILAKUKAN ULAMA-ULAMA SALAF & KHOLAF (BAG.2)

Posted: Oktober 10, 2016 in STOP MENUDUH BID'AH !!, SUNNAH - ADAB & NASIHAT
Tag:,

Baca Qur'an

Ulama-ulama salaf banyak menyembunyikan amal-amal mereka, namun dibalik itu tetap saja kehidupan mereka tak lepas diperhatikan dan di ikuti oleh sahabat, murid dan orang-orang yang berada di sekitarnya. Ataupun sebagian ada yang mereka sendiri katakan demi menyemangati orang lain untuk giat beribadah.

TRADISI BANYAK MENGKHATAMKAN QUR’AN DI BULAN RAMADHAN

Membaca Qur’an adalah ibadah, bisa dilakukan ‘kapan saja’ dan ‘dimana saja’. Adapun pengkhususan waktu dan banyaknya adalah sesuatu yang baik. karena amal yang disukai oleh Nabi adalah amal yang dikerjakan secara kontinu/ istiqomah, hal ini berdasarkan Sabda Nabi saw:

“Diriwayatkan dari Masruq: Saya bertanya kepada Aisyah ra, mengenai amal soleh yang paling disukai oleh Rasulullah Saw, kemudian Aisyah ra menjawab: Amal baik yang paling dicintai oleh Rasulullah Saw adalah amal amal baik yang dikerjakan secara rutin.” (HR. Bukhori:1132)

Berikut ini adalah amal-amal para ulama yang memperbanyak membaca Qur’an & mengkhatamkannya ketika bulan Ramadhan:

# Sayyidina Utsman

Mengkhatamkan Qur’an di bulan Ramadhan setiap hari

# Al-Aswad bin Yazid (Ulama besar Tabi’in Wafat  74 /75 H di Kufah)

Mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan setiap dua malam. Dari Ibrahim An-Nakha’i, ia berkata,

كَانَ الأَسْوَدُ يَخْتِمُ القُرْآنَ فِي رَمَضَانَ فِي كُلِّ لَيْلَتَيْنِ

Al-Aswad biasa mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan setiap dua malam.” (Siyar A’lam An-Nubala, 4: 51)

Disebutkan dalam kitab yang sama di luar bulan Ramadhan, Al-Aswad biasa mengkhatamkan Al-Qur’an dalam enam malam. Waktu istirahat beliau untuk tidur hanya antara Maghrib dan Isya. (Siyar A’lam An-Nubala, 4: 51)

#  Qatadah bin Da’amah (Ulama Tabi’in, wafat 60 atau 61 Hijriyah)

Beliau salah seorang murid dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu. Beliau ini sampai dikatakan oleh Imam Ahmad bin Hambal sebagai ulama pakar tafsir dan paham akan perselisihan ulama dalam masalah tafsir. Sampai-sampai Sufyan Ats-Tsaury mengatakan bahwa tidak ada di muka bumi ini yang semisal Qatadah. Salam bin Abu Muthi’ pernah mengatakan tentang semangat Qatadah dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an,

كَانَ قَتَادَة يَخْتِمُ القُرْآنَ فِي سَبْعٍ، وَإِذَا جَاءَ رَمَضَانُ خَتَمَ فِي كُلِّ ثَلاَثٍ، فَإِذَا جَاءَ العَشْرُ خَتَمَ كُلَّ لَيْلَةٍ

Qatadah biasanya mengkhatamkan Al-Qur’an dalam tujuh hari. Namun jika datang bulan Ramadhan ia mengkhatamkannya setiap tiga hari. Ketika datang sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, ia mengkhatamkan setiap malamnya.” (Siyar A’lam An-Nubala’, 5: 276)

# Imam Syafi’i

Disebutkan oleh muridnya Ar-Rabi’ bin Sulaiman,

كَانَ الشَّافِعِيُّ يَخْتِمُ القُرْآنَ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ سِتِّيْنَ خَتْمَةً

Imam Syafi’i biasa mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan sebanyak 60 kali.” Ditambahkan oleh Ibnu Abi Hatim bahwa khataman tersebut dilakukan dalam shalat. (Siyar A’lam An-Nubala’, 10: 36).

# Ibnu ‘Asakir

Beliau adalah seorang ulama hadits dari negeri Syam, dengan nama kunyah Abul Qasim, beliau penulis kitab yang terkenal yaitu Tarikh Dimasyq. Anaknya yang bernama Al-Qasim mengatakan mengenai bapaknya,

وكان مواظبا على صلاة الجماعة وتلاوة القرآن، يختم كل جمعة، ويختم في رمضان كل يوم، ويعتكف في المنارة الشرقية، وكان كثير النوافل والاذكار

Ibnu ‘Asakir adalah orang yang biasa merutinkan shalat jama’ah dan tilawah Al-Qur’an. Beliau biasa mengkhatamkan Al-Qur’an setiap pekannya. Lebih luar biasanya di bulan Ramadhan, beliau khatamkan Al-Qur’an setiap hari. Beliau biasa beri’tikaf di Al-Manarah Asy-Syaqiyyah. Beliau adalah orang yang sangat gemar melakukan amalan sunnah dan rajin berdzikir.” (Siyar A’lam An-Nubala’, 20: 562).

# Imam Bukhori

Dalam Kitab: Tahdzib Al-Kamal,  Karya: Al-Hafidz Al-Muttaqin Jamaluddin Al-Mizzi. Juz: 24, Halaman: 446 dan Thabaqat asy-Syafiiyah al-Kubra 2/165)

أخبرنا أبو بكر البغدادي أخبرني محمد بن أحمد بن يعقوب أخبرنا محمد بن نعيم الضبي أخبرنا محمد بن خالد المطوعي حدثنا مسيح بن سعيد قال: كان محمد بن إسماعيل البخاري إذا كان أول ليلة من شهر رمضان يجمع إليه أصحابه فيصلي بهم ويقرأ في كل ركعة عشرين آية وكذلك إلى أن يختم القرآن وكان يقرأ في السحر ما بين النصف إلى الثلث من القرآن فيختم عند السحر في كل ثلاث ليال وكان يختم بالنهار كل يوم ختمة ويكون ختمه عند الإفطار كل ليلة يقول عند كل ختم دعوة مستجابة.

Muhammad bin Ismail Al-Bukhari, Jika Malam Pertama dari Ramadhan, Beliau Mengumpulkan Sahabatnya, Kemudian Shalat dengan mereka, Setiap Raka’at membaca 20 ayat, dan seterusnya sampai Khatam Al-Quran. Beliau membaca saat Sahur antara Separuh sampai Sepertiga Al-Quran, Kemudian Khatam saat Sahur setiap 3 malam. Beliau mengkhatamkan di siang Ramadlan setiap hari 1x Khataman. Beliau mengkhatamkan saat berbuka tiap malam, Beliau berkata: Di setiap Khatam Al-Quran ada doa yang dikabulkan”.

( Terdapat juga didalam Kitab Thabaqat Asy-Syafiiyah A-Kubra 2/165, Karya Imam As-Subki)

ANJURAN SAHABAT NABI SAW, SEBELUM KELUAR RUMAH DI PAGI HARI BACA QUR’AN DAHULU

“Dahulu para sahabat menganjurkan agar seseorang tidak keluar dari rumahnya di waktu pagi, kecuali setelah membaca Al-Qur’an”. (Abdul Hayy Al-Kattani dalam At-Taraatib Al-Idaariyah).

***

Imam Abdurrahman bin Mahdi rahimahullah pernah berkata, “Adraktun naasa wa hum ‘alal jumal. Aku dapatkan manusia; salaf, dalam kondisi irit bicara.”

Imam Ahmad Bin Hanbal rahimahullah memberikan komentar atas ucapan gurunya tersebut dalam Al-‘Ilal Wa Ma’rifatur Rijaal dengan mengatakan, “Maksudnya adalah mereka tidak (banyak) bicara; juga tidak suka berbantahan.”

Orang beriman itu sedikit bicara dan banyak beramal, sedangkan orang munafik itu banyak bicara sedikit amal. (Imam Al-Auza’i)

Wallahu a’lam

Source: Habib Hasan Baroom, Ust. M. Abduh .T & Hidayatullah.com

Baca Pula:

BID’AH HASANAH YANG DILAKUKAN ULAMA SALAF & KHOLAF (BAG.1)

– AHLI HADITS YANG MELAKUKAN BID’AH HASANAH

– ULAMA – ULAMA YANG AKAN MASUK NERAKA KARENA PERILAKU BID’AH NYA

SHOLAT SEPANJANG MALAM BUKANLAH BID’AH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s