ULAMA BESAR YANG SERING MEMBANTU KAUM JOMPO

Posted: Januari 21, 2017 in AMAL GENERASI SALAF, SUNNAH - ADAB & NASIHAT
Tag:, ,
bantu-jompo

Ilustration pic by koleksicerita2

IMAM JALALUDDIN AL MAHALLI adalah seorang ulama besar madzhab Asy Syafi’i di Mesir. Ulama pensyarah kitab Al Minhaj ini selalu membantu orang-orang jompo dan orang-orang yang memiliki kelemahan dalam memenuhi hajat mereka untuk membelikan barang-barang yang mereka butuhkan di pasar.

Jika seseorang meminta tolong kepada Imam Al Mahalli, maka ia pun segera memberikan pertolongannya dan meninggalkan aktivitas mengajar.

Kebanyakan, Imam Al Mahalli membantu orang-orang yang memiliki kelemahan fisik dengan membelikan barang yang mereka butuhkan di pasar dengan bertelanjang kaki dan mengatakan bahwa pada asalnya, tanah adalah suci.

Pernah juga, Imam Al Mahalli keluar di malam hari di tengah hujan yang turun sambil berkata,”Barang siapa membutuhkan api, silahkan mengatakan. Aku akan mengambilkan api dari perapian.”

Akhirnya Imam Al Mahalli secara bergantian masuk ke rumah-rumah orang-orang jompo di kampungnya satu-persatu. (Lawaqih Al Anwar Al Qudsiyyah, hal. 455).

Source: hidayatullah

Hal yang sama dilakukan pulah oleh Syekh Nawawi al Bantani, menurut cerita dari guru kami KH. Ahmad Marwazi Siddiq – Kuningan (Jak-Sel), Beliau mendapat cerita dari gurunya KH. Idris Kamali (Menantu Hadratus Syekh Hasyim ‘Asyari; salah satu pendiri organisasi Nahdlotul Ulama), bahwa guru daripada KH. Idris, yaitu Syekh Nawawi albantani adalah orang yang gemar menolong para jompo tua, janda-janda yang sudah berumur untuk di ambilkan setiap harinya air, beliau akan mengambil air dengan jarak yang jauh dan di berikan kepada kaum jompo yang membutuhkan.

(Wallahu a’lam)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s