CERITA SANG WALI SYEKH ABDUL WAHHAB ASY SYA’RANI

Posted: Februari 17, 2017 in SUNNAH - ADAB & NASIHAT

H Mengajar pun Sambil Berdzikir

Syeikh Abdul Wahhab Asy Sya’rani menyatakan mengenai Syeikh Zakariya Al Anshari,”Aku telah berkhidmat kepadanya selama dua puluh tahun, dan aku sama sekali tidak pernah melihat bahwa ia pernah lalai dan tidak juga sibuk dengan perkara yang bukan urusan penting baik siang maupun malam.”

Syeikh Asy Sya’rani melanjutkan,”Apa bila aku mengoreksi kalimat di kitab yang aku baca di hadapannya, aku mendengar ia mengucap dengan pelan ‘Allah…Allah…’, tidak berhenti hingga aku selesai membaca.” (Thabaqat Asy Sya’rani, 2/107)

Sakit Kepala Ulama Hilang dengan Ilmu

SYEIKH AL ISLAM ZAKARIYA AL ANSHARI ketika merasakan nyeri di kepala sedangkan saat itu ia mengajar, maka ia mengatakan,”Aku berniat untuk menghilangkan sakit kepala dengan mengajar.” Maka saat itu pula rasa sakit yang mendera kepala pun hilang.

Syeikh Zakariya Al Anshari sendiri telah menyampaikan kepada muridnya, Syeikh Abdul Wahhab Asy Sya’rani,”Ketika engkau merasakan sakit di kepala, maka katakanlah aku berniat agar sakit kepalaku hilang melalui mencari ilmu.”

Perkatakan sang guru pun didengar oleh murid, hingga ketika Syeikh Abdul Wahhab Asy Sya’rani sakit kepala, maka ia mengatakan seperti apa yang diajarkan sang guru, dan pada waktu itu juga rasa nyeri di kepalanya hilang.

Syeikh Abdul Wahhab Asy Sya’rani pun mengatakan,”Aku tidak tahu kenapa hal itu terjadi, apakah karena kaihklasanku dalam mencari ilmu atau karena keshalihan syeikh.” (Lawaqih Al Anwar Al Qudsiyyah, hal. 705,706).

Menyembunyikan Sedekah Cara Syeikh Zakariya Al Anshari

SYEIKH AL ISLAM ZAKARIYA AL ANSHARI didatangi seorang syarif (keturunan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam) dan berkata,”Wahai tuanku, sorbanku telah diambil orang tadi malam, berikanlah aku uang untuk membelinya.”

Saat itu, Syeikh Zakariya Al Anshari pun memberikan sejumlah uang, namun sang syarif mengembalikan uang itu, dan Syeikh Zakariya menerima kambali uangnya.

Syeikh Abdul Wahhab Asy Sya’rani murid Syeikh Zakariya pun menympaikan kepada sang guru,”Uang itu tidak cukup untuk membeli sorban.”

Syeikh Zakariya pun menjawab,”Yang saya tidak kehendaki adalah, syarif itu datang saat ada banyak orang, sedangkan Allah telah memberikan kepadaku kecintaan untuk bersedekah secara tersembunyi. Kalau sekiranya waktu itu tidak ada orang, maka aku akan memberikan kepadanya uang yang cukup untuk membeli sorban atau yang lebih banyak dari itu, demi kakeknya, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.”

Setelah kejadian itu, Syeikh Abdul Wahhab Asy Sya’rani pun bertemu dengan sang syarif, lalu ia pun menyampaikan kepada sang syarif perihal apa yang dilakukan gurunya, Syaikh Zakariya Al Anshari.

Sang syarif pun berkata,”Sesungguhnya Syeikh telah mengirim untukku sorban pada malam harinya. Inilah dia, ada di atas kepalaku.” (Lawaqih Al Anwar Al Qudsiyyah, hal.147)

Shalat Sendiri Jauh Lebih Berat Dibanding Shalat Jama’ah Bagi Orang Shalih

SYEIKH AFDHALUDDIN yang merupakan ulama Mesir yang shalih menyampaikan bahwa baginya, shalat sendiri lebih berat daripada shalat berjama’ah. Suatu saat saudara Imam Abdul Wahhab Asy Sya’rani ini menyampaikan,”Aku telah berdiri menghadap-Nya sendirian, hingga hampir saja aku mati karena ketakutanku, sebagaimana seorang takut jika menghadap seorang penguasa sendirian di majelis pengadilan sedangkan pasukan berbaris di sekelilingnya.”

Menurut Syeikh Afdhaluddin berbeda kondisinya ketika seseorang mengalami hal tersebut bersama-sama, ia merasa ada yang menemaninya.

Oleh karena itu, jika seandainya Allah membebani manusia untuk shalat sendiri maka tulang-tulang dan dagingnya akan meleleh ketika ia menghadap Allah sendirian pada waktu itu karena ketakutannya. Sebab itulah Syaikh Afdhaluddin menilai bahwa diperintahnya shalat berjama’ah merupakan bentuk kasih sayang Allah kepada makhluknya. (lihat, Lawaqih Al Anwar Al Qudsiyyah, hal. 685)

Bersambung…

Source: hidayatullah.com

Tinggalkan Balasan

