GURU PARA IMAM AHLI HADITS INI MEMBACA AYAT KURSI 60 X SETIAP MASUK KERUMAH

Posted: Agustus 7, 2017 in AMAL GENERASI SALAF, STOP MENUDUH BID'AH !!, SUNNAH - ADAB & NASIHAT
Tag:,

sholat-malam

IMAM YAHYA BIN MA’IN adalah ulama hadits yang tersoh0r di masanya, guru dari Imam Al Bukhari juga Imam Muslim. Ulama ini memiliki kebiasaan membaca ayat kursi lima kali tiap masuk rumah, namun saat ia membaca ada suara terdengar,”Berapa kali engkau membaca itu? Sepertinya tidak ada orang yang pandai membaca selain dirimu?”

Imam Yahya pun menjawab,”Kamu merasakan bahwa hal ini memperburuk keadaanmu? Demi Allah, kalau begitu aku akan menambahnya!”

Setelah itu Yahya bin Ma’in membaca ayat kursi 50 hingga 60 kali. (Siyar A’lam An Nubala, 11/87)

BIOGRAFI SINGKAT IMAM YAHYA BIN MA’IN

Yahya bin Ma’in atau Ibnu Ma’in (bahasa Arab: يحيى بن معين) adalah seorang imam ahlussunnah seorang pakar hadis (Muhaddits) dan ahli Ilmu rijal (analisis kritis terhadap para perawi hadis). Ia merupakan salah satu guru dari Imam Bukhari juga banyak pakar hadis lainnya. Dia juga merupakan Imam yang paling senior di antara ulama seangkatannya, semisal Imam Ali al-Madini, Imam Ahmad bin Hanbal, Imam Ishaq bin Rahawaih dan Imam Abu Bakar bin Abi Syaibah[3]

Sementara, di antara murid seniornya adalah Imam Ahmad bin Hambal, Bukhari, Muslim, Abu Daud, Abu Zur’ah ar-Razi dan Abu Hatim ar-Razi, Ibrahim bin Abdillah Al-Junaid, Ahmad bin Ali Al-Marwazi, Ibrahim bin Ya’qub Al-Juzajani dan lainnya.[1] Di antarakarya-tulisnya yang terkenal adalah At-Tarikh wa Al-Ilal dan Ma`rifah Ar-Rijal. Yahya bin Ma’in mengatakan, “Saya telah menulis dengan tanganku sebanyak satu juta hadis.”.

Pengakuan para ulama tentangnya[sunting | sunting sumber]
Imam Ibnu Ma’in termasuk dalam jajaran ulama besar dalam bidang hadis, tidak hanya di antara ulama yang semasa dengannya namun juga bagi zaman setelahnya. Di antarapujian para ulama terhadap dia adalah:

An-Nasa’i mengatakan, “Abu Zakariya berstatus tsiqah dan amanah, serta termasuk salah satu pakar dalam hadis.”
Ali al-Madini mengatakan, “Saya tidak pernah melihat, sejak zaman Adam, ada orang yang menulis hadis yang lebih bagus daripada tulisan Yahya bin Ma`in.”
Yahya Al-Qaththan mengatakan, “Belum pernah ada orang yang mendatangi kami, seperti dua orang ini: Ahmad bin Hambal dan Yahya bin Ma`in.”
Imam Ahmad mengatakan, “Yahya bin Ma`in adalah orang yang paling mengerti tentang ‘ilmu rijal‘.”
Ibnu Hajar al-Asqalani menyebut dia dengan “Imam Al-Jarh wa At-Ta’dil” (pemimpin dalam masalah jarh wa ta`dil).
Imam Adz-Dzahabi menyebutnya dengan “Sayyid Al-Hufazh” (pemimpin para pakar hadis). Setelah menyebutkan biografi singkat tentang Ibnu Ma’in, Imam Adz-Dzahabi mengatakan, “Yahya terlalu terkenal untuk saya bahas tentang keuatamaanya.”.

Reff : Hidayatullah.com & wikipedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s