SHALAT SUNNAH DUA RAKAAT SEBELUM DI EKSEKUSI; BID’AH HASANAH

Posted: Januari 4, 2018 in AMAL GENERASI SALAF, STOP MENUDUH BID'AH !!, SUNNAH - ADAB & NASIHAT, TRUE STORY
Tag:, ,

sufi-yang-syahid

Banyak dari para sahabat Nabi saw, yang menjadi tawanan ketika perang melawan musuh Islam, akhirnya di bunuh/ di eksekusi hingga menjadi Syuhada karena tetap berpegang teguh kepada agama ini. Diantaranya Khubaib ibn ‘Adiyy al-Anshari; salah seorang sahabat Rasulullah.

Namun sebelum di bunuh, beliau melakukan sholat sunnah 2 rakaat, yang sebelumnya tak pernah di lakukan sahabat Nabi yang lain, hal ini terekam dalam Hadits Riwayat Imam Bukhori dalam kitab al-Maghazi, Tentang ini Abu Hurairah berkata:

فَكَانَ خُبَيْبٌ أَوَّلَ مَنْ سَنَّ الصَّلاَةَ عِنْدَ الْقَتْلِ (رواه البخاريّ)

“Khubaib adalah orang yang pertama kali merintis shalat ketika akan dibunuh”. (HR. al-Bukhari dalam kitab al-Maghazi, Ibn Abi Syaibah dalam kitab al-Mushannaf)

Lihatlah, bagaimana sahabat Abu Hurairah menggunakan kata “Sanna” untuk menunjukkan makna “merintis”, membuat sesuatu yang baru yang belaum ada sebelumnya. Jelas, makna “sanna” di sini bukan dalam pengertian berpegang teguh dengan sunnah, juga bukan dalam pengertian menghidupkan sunnah yang telah ditinggalkan orang.

Salah seorang dari kalangan tabi’in ternama, yaitu al-Imam Ibn Sirin, pernah ditanya tentang shalat dua raka’at ketika seorang akan dibunuh, beliau menjawab:

صَلاَّهُمَا خُبَيْبٌ وَحُجْرٌ وَهُمَا فَاضِلاَنِ.

“Dua raka’at shalat sunnah tersebut pernah dilakukan oleh Khubaib dan Hujr bin Adiyy, dan kedua orang ini adalah orang-orang (sahabat Nabi) yang mulia”. (Diriwayatkan oleh Ibn Abd al-Barr dalam kitab al-Isti’ab) (al-Isti’ab Fi Ma’rifah al-Ash-hab, j. 1, h. 358).

Beliau merupakan orang yang kali pertama mencontohkan untuk shalat bagi seorang muslim yang akan terbunuh dalam keadaan tertawan.

Source: Ust. Muhammad Ropi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s