MAWLID AL-NABI DI AUSTRALIA

Posted: Oktober 30, 2019 in SUNNAH - ADAB & NASIHAT
Tag:

Maulid-Nabi-di-Australia

Beberapa masyarakat Muslim di Australia merayakan kelahiran dan kehidupan baginda Nabi shalallahu alayhi wa sallam dengan kajian dan konferensi mengenai Islam dan isu-isu kontemporer di dunia Islam. Disini Mawlid al-Nabi bukan hari libur nasional, bisnis-bisnis tetap berjalan berdasarkan waktu kerjanya.

Banyak masyarakat Muslim Australia akan berpuasa pada hari Mawlid al-Nabi. Mereka mendatangi pertemuan atau kuliah mengenai kehidupan baginda Nabi shalallahu alayhi wa sallam atau mengenai aspek spiritual Islam. Beberapa kelompok masyarakat juga membuka kelas untuk anak-anak yang mengajarkan tentang kehidupan baginda Nabi shalallahu alayhi wa sallam atau dengan menyediakan perjamuan dan hidangan untuk publik.

Ruangan yang digunakan sebagai tempat perayaan Mawlid al-Nabi biasanya dihias secara sederhana dengan hiasan bendera, bunga, serta balon. Sebagian lagi menyelenggarakan pengajian untuk mengajarkan masyarakat mengenai Islam, kehidupan baginda Nabi serta menyediakan buku-buku Islami.

Sebuah perayaan besar memperingati Mawlid al-Nabi pernah diselenggarakan di Sydney atas kerjasama Islamic Charity Projects Association dengan Youth of truth Association dan komunitas Muslim lokal yang menarik perhatian lebih dari 4000 orang dari berbagai ras, komunitas, agama, para imam, politisi, dan lain sebagainya.

Sebuah acara panggung diselenggarakan Australian Muslim Community dengan slogan moderasi dan harmoni. Penampilan atas panggung yang spektakuler ditampilkan oleh kelompok-kelompok yang bertalenta yang mengekspresikan rasa cinta dan pengagungan kepada baginda Nabi shalallahu alayhi wa sallam dengan bahasa Arab, Inggris, Urdu, Bosnia, dan Hariri. Serta ditampilkan performa dari Islamic Charity Projects Association Band yang menciptakan suasana meriah pada acara tersebut. Ketua Darul-Fatwa al-Syaikh Salim Alwan al-Husayni juga memberikan sambutan pada acara tersebut.

Wallahu a’lam.

Source: Ust. Shadiq Sandimula

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s